Skip to main content

MANUSIA DAN KEGELISAHAN



A.     PENGERTIAN KEGELISAHAN
Pengertian Kegelisahan
Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti perasaan yang mengganjal dan merasa hati seperti tidak tentram dan kepikiran sesuatu yang penting sekali buat diri kita dan membuat diri kita tidak nyaman dan merasakan kecemasan.

3 Macam Kecemasan yang Menimpa Manusia
1.      Kecemasan objektif atau kenyataan
Suatu perasaan cemas sebagai akibat pengamatan bahaya pada dunia luar yang timbulnya mungkin dari sifat pembawaan diri kecenderungan akan takut kalau ia berada di dekat benda- benda atau keadaan tertentu dari lingkungannya.
2.      Kecemasan neuritis
Kecemasan yang ditakuti karena bayangannya sendiri, membuat gelisah karena merasa sesuatu yang hebat akan terjadi, dan kecemasan ini juga mengandung rasa phobia.
3.      Kecemasan moril
Rasa cemas yang disebabkan karena merasa iri, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa yang kurang.

B.      SEBAB-SEBAB ORANG GELISAH
Sebab-sebab Orang Gelisah
Kegelisahan itu disebabkan antara lain:
1. Kesulitan ekonomi
2. Takut kehilangan harta, jabatan dan popularitas
3. Penyakit yang menahun
4. Kesulitan mendapatkan pasangan hidup yang ideal
5. Takut kehilangan pasangan hidup
6. Khawatir gagal dalam berkarier

Contoh-contoh Orang Gelisah
- Gelisah terhadap apa yang dia lakukan baik buruk maupun tidak.
- Gelisah terhadap keputusan yang tidak memuaskan.
- Gelisah karena takut miliknya hilang.

C.      USAHA-USAHA MENGATASI KEGELISAHAN
Usaha-usaha Mengatasi Kegelisahan
Untuk mengatasi kegelisahan hal yang di butuhkan yaitu dengan bersikap tenang serta sabar dan dapat menerima apa yang telah terjadi baik buruk maupun tidak serta pasrah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berdoa agar hati dan pikiran kita di tenangkan.

Contoh-contoh Mengatasi Kegelisahan
- Bersikap tenang saat memiliki masalah.
- Bersabar dalam menerima keputusan.
- Ikhlas terhadap apa yang telah terjadi.

D.     KETERASINGAN
Pengertian Keterasingan
Keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpisah dari yang lain atau terpencil. Kekurangan yang ada pada diri seseorang dapat juga menyebabkan orang itu diasingkan oleh orang lain atau masyarakat.

Ayat Al-Qur’an Tentang Keterasingan
Surat Al-Quran tentang keterasingan yaitu surat Al-Imran ayat 19, pada ayat ini dijelaskan jika ada yang kafir terhadap ayat-ayat Al-quran maka Allah akan menghisabnya, dimana surat Al-Imran ayat 19 yang artinya :
“ Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya“.

E.      KESEPIAN
Pengertian Kesepian
Kesepian adalah keadaan dimana seseorang merasa dirinya penuh kesendirian, kehampaan, kesunyian dan kesedihan. Walaupun banyak orang yang ada di sekitar dirinya secara fisik, namun kesepian adalah yang paling mendominasi jiwanya.

Macam-macam Penyebab Terjadinya Kesepian
Macam – macam penyebab terjadinya kesepian yaitu:
1. Kurang pintarnya bergaul di dalam lingkungan masyarakat
2. Takut atas akibat pergaulan yang akan dialaminya
3. Pergaulan yang kurang baik
4. Frustasi akan dirinya sendiri karena ia merasa dirinya kurang berharga dibanding orang lain sehingga ia sengaja menjauhi pergaulan yang ramai
5. Terpaku pada kenangan lama
6. Penyesalan yang berkepanjangan
7. Keinginan yang tak kesampaian

Contoh-contoh Orang Merasa Kesepian
-          Setelah anaknya menikah dan tidak tinggal lagi bersama Ibu Ani. Ibu Ani sangat merasa kesepian
-          Karena pak mamat dan bu mamat kurang bergaul dan turun hujan lebat saat resepsi perkawinan anaknya maka tampak sepi.

F.       KETIDAK PASTIAN
Pengertian Ketidak Pastian
Ketidak pastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas akibat dari pikirannya tidak dapat konsentrasi.

Macam-macam Penyebab Terjadinya Ketidak Pastian
1. Obsesi
Berpikiran atau berperasaan terus menerus tentang hal-hal yang tak menyenangkan, atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita. Misalnya selalu berpikir ada orang yang ingin menjatuhkan dia.
2. Phobia
Rasa takut yang tak terkendali, tidak normal, kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.
3. Kompulasi
Keraguan dengan apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.
4. Histeria
Tekanan mental akan pengalaman pahit yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dari sikap orang lain.
5. Delusi
Menunjukan pikiran yang kurang beres, karena berdasarkan suatu keyakinan palsu. Tidak dapat memakai akal sehat, tidak ada dasar kenyataan dan tidak sesuai dengan pengalaman.

Contoh Ketidak Pastian
Ketidakpastian tentang lulus atau tidak dalam ujian sarjana yang sudah lama ditunggu-tunggu membuat orang gelisah. lulus atau tidak lulus ujian sarjana akan menentukan status atau karir seseorang dalam hidupnya. Ketidakpastian ini akan merugikan, karena status dari karir itu terancam. Karena ketidakpastian itu status yang telah ditetapkan oleh atasan menjadi hilang, berhubung ada orang lain yang lebih dulu memenuhinya.

G.     USAHA-USAHA MENGATASI KETIDAK PASTIAN
Usaha-usaha Mengatasi Ketidak Pastian
- percaya diri dalam mengambil keputusan.
- memilih dan mempertimbangkan sesuatu dengan melihat mana yang lebih baik.
- mendengarkan nasehat orang yang dekat dengan kita saat ketidak pastian.

Ayat-ayat Al-Qur’an dalam Mengatasi Ketidak Pastian
“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” (QS Al-Baqarah (2) : 23)



SUMBER:

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Kelebihan: -           Strategi promosi produk unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima di model dalam iklan tersebut. -           Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (Top Brand Survey, edisi khusus 2007). -           Unilever mempunyai moto "Operational excellence with no compromise on quality". Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk. -           Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia. -           Memiliki tim yang terdiri dar

BENTUK ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

BENTUK ORGANISASI Tipe struktur organisasi diatas adalah bentuk struktur organisasi Fungsional, hal itu diperlihatkan dari bagan yang dibagi berdasar spesifik kerja sesuai fungsi tertentu, misal Director Ice Cream yang berfungsi utuk melakukan kegiatan produksi maupun komersialisasi yang berhubungan dengan Es krim dan membawahi pekerja di lingkup perusahaan Ws krim Unilever. Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas berdasarkan fungsional per bagian fungsi tertentu, berikut adalah perinciannya: -           Director Food adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever. -           Director Ice Cream adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever. -           Home dan personal care adalah bagian yang mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian. -           Supply chain adalah bagian untuk mengatasi permasalahan bahan baku.

STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

DIREKSI Direksi adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Unilever Indonesia. Hemant Bakshi Presiden Direktur Warga Negara India Tevilyan Yudhistira Rusli Direktur Warga Negara Indonesia Hadrianus Setiawan Direktur Warga Negara Indonesia Ramakrishnan Raghuraman Direktur Warga Negara India Debora Herawati Sadrach Direktur Warga Negara Indonesia Ainul Yaqin Direktur Warga Negara Indonesia Enny Hartati Sampurno Direktur Warga Negara Indonesia Sancoyo Antarikso Direktur dan Sekretaris Peeusahaan Warga Negara Indonesia Annemarieke de Haan Direktur Warga Negara Belanda DEWAN KOMISARIS Dewan Komisaris adalah sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur Perseroan terbatas (PT). Mahendra Siregar Calon Komisaris Independen. Warga Negara Indonesia. Maurits Daniel Rudolf La