Skip to main content

MANUSIA DAN KEADILAN



A.     PENGERTIAN KEADILAN
Pengertian Keadilan
Keadilan adalah hal-hal yang berkenaan pada sikap dan tindakan dalam hubungan antar manusia yang berisi sebuah tuntutan agar sesamanya dapat memperlakukan sesuai hak dan kewajibannya. Keadilan berarti tidak berat sebelah, menempatkan sesuatu ditengah-tengah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, tidak sewenang-wenang.

Makna Keadilan
Makna keadilan terbagi atas dua yaitu makna keadilan secara atribut dan makna keadilan secara tindakan. Makna keadilan secara atribut adalah suatu kuasalitas yang fair atau adil. Sedangkan makna keadilan secara tindakan adalah tindakan menjalankan dan menentukan hak atau hukuman.

Contoh Keadilan
Juliardi pantas mendapat beasiswa karena prestasi belajarnya yang membanggakan. Sedangkan Pasha yang belum menunjukkan prestasi belajar yang bagus, menuntut agar mendapat beasiswa seperti yang didapatkan Juliardi. Apakah ini dapat dikatakan sebagai ketidakadilan? Tentu tidak. Karena definisi tentang keadilan disini adalah tentang apa yang memang menjadi hak manusia secara sepantasnya, bukan semata-mata karena rasa iri kepada sesama manusia. Oleh karena itu, jika Pasha ingin mendapatkan beasiswa juga, maka ia seharusnya lebih meningkatkan prestasinya.

B.      KEADILAN SOSIAL
Sila Pancasila yang Berhubungan dengan Keadilan Sosial
Sila Pancasila yang berhubungan dengan keadilan social adalah sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi semua rakyat Indonesia”. Sila ini berhubungan bersama tingkah laku kita dalam bersikap adil kepada seluruh orang.
Sikap yg mencerminkan sila tersebut :
- Mengusahakan menopang orang lain tepat kapabilitas
- Menghargai hasil karya orang lain
- Tak mengancam orang bersama hak milik kita
- Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan
- Menghormati hak dan kewajiban orang lain

Wujud Keadilan Sosial yang Diperinci dalam Perbuatan dan Sikap
Ada 5 wujud keadilan sosial dalam perbuatan dan sikap, yaitu: 
-Perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
-Sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
-Sikap suka memberikan pertolongan kepada orang yang memerlukan tanpa pandang bulu.
-Sikap suka bekerja keras.
-Sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Jalur Pemerataan yang Merupakan Asas Keadilan Sosial
Adapun yang dimaksud dengan flapan jalur pemerataan itu adalah :
a. Pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat, khususnya pangan, sandang dan papan (perumahan).
b. Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan keselamatan.
c. Pemerataan pembagian pendapatan.
d. Pemerataan kesempatan kerja.
e. Pemerataan kesempatan berusaha.
f. Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita.
g. Pemerataan penyebaran pembangunan di wilayah tanah air.
h. Pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.

C.      BERBAGAI MACAM KEADILAN
Macam-macam Keadilan Sosial
1.      Keadilan Komutatif, yaitu keadilan yang memberikan apa yang menjadi bagiannya berdasarkan hak seseorang (diutamakan obyek tertentu yang merupakan hak seseorang).
2.      Keadilan Distributif, yaitu keadilan yang memberikan apa yang menjadi haknya berdasarkan asas proporsionalitas atau kesebandingan berdasarkan kecakapan, jasa atau kebutuhan.
3.      Keadilan Legal, yaitu keadilan berdasarkan Undang-undang (obyeknya tata masyarakat) yang dilindungi UU untuk kebaikan bersama (bonum Commune).
4.      Keadilan Vindikatif, yaitu keadilan yang memberikan hukuman atau denda sesuai dengan pelanggaran atau kejahatannya.
5.      Keadilan kreatif, yaitu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang bagiannya berupa kebebasan untuk mencipta sesuai dengan kreatifitas yang dimilikinya.
6.      Keadilan protektif, yaitu keadilan yang memberikan perlindungan dari tindakan sewenang-wenang pihak lain.

D.     KEJUJURAN
Pengertian Kejujuran
Kejujuran atau jujur artinya apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya dan sesuai dengan kenyataan yang benar-benar ada. Karena itu jujur berarti bahwa apa yang dikatakan harus sama dengan perbuatannya dan jujur berarti juga dengan menepati janji atau kesanggupan yang terlampir malalui kata-kata atau perbuatan.

Hakikat Kejujuran
Hakikat kejujuran ialah mengatakan sesuatu dengan jujur di tempat (situasi) yang tidak ada sesuatu pun yang menjadi penyelamat, kecuali kedustaan. Secara psikologis, kejujuran akan mendatangkan ketenteraman jiwa. Sebaliknya, seseorang yang tidak jujur pasti tega melakukan perbuatan serta menutupi kebenaran.

E.      KECURANGAN
Pengertian Kecurangan
Kecurangan merupakan penipuan yang disengaja untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan merugikan orang lain. Dalam hukum pidana, kecurangan adalah kejahatan atau pelanggaran yang dengan sengaja menipu orang lain dengan maksud untuk merugikan mereka, biasanya untuk memiliki sesuatu/harta benda atau jasa ataupun keuntungan dengan cara tidak adil. Kecurangan dapat mahir melalui pemalsuan terhadap barang atau benda.

Sebab-Sebab Orang Melakukan Kecurangan
Ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya, ada 3 aspek yang menyebabkan orang melakukan kecurangan, yaitu:
1. Aspek ekonomi. Setiap orang berhak hidup layak dan untuk mewujudkan hal tersebut kita sebagai makhluk lemah, sangat rentan sekali dengan hal-hal pintas dalam merealisasikannya dengan melakukan segala cara untuk mencapai sebuah tujuan jahat tanpa melihat orang lain disekelilingnya.
2. Aspek Peradaban dan Kebudayaan. Keadilan dan kecurangan merupakan sikap mental yang membutuhkan keberanian dan sportifitas. Pergeseran moral saat ini memicu terjadinya pergeseran nurani hampir pada setiap individu didalamnya sehingga sangat sulit sekali untuk menentukan dan bahkan menegakan keadilan.
3. Aspek Teknis. Terkadang untuk bersikap adil, kita pun mengedepankan aspek perasaan atau kekeluargaan sehingga sangat sulit sekali untuk dilakukan. Atau bahkan mempertahankan keadilan kita sendiri harus bersikap salah dan berkata bohong agar tidak melukai perasaan orang lain.

F.       PERHITUNGAN (HISAB) DAN PEMBALASAN
Macam-Macam Perhitungan dan Pembalasan
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Pembalasan frontal dengan melakukan serangan langsung seperti kata-kata kasar bahkan perlawanan fisik. Perhitungan di muka hukum dengan menaaati peraturan bersaing dimuka hukum antara yang dilaporkan dan pihak pelapor. Pembalasan di bagi dua macam, yaitu:
1. Pembalasan untuk perbuatan baik.
2. Pembalasan untuk perbuatan tercela.

G.     PEMULIHAN NAMA BAIK
Pengertian Nama Baik
Nama baik adalah nama yang tidak tercela yang dijaga setiap individu dengan hati-hati agar namanya tidak tercemar. Penjagaan nama baik erat hubungannya dengan tingkah laku atau perbuatan.

Hakikat Pemulihan Nama Baik
Pada hakikatnya pemulihan nama baik itu adalah kesadaran yang disadari oleh manusia karena dia melakukan kesalahan di dalam hidupnya yang tidak sesuai dengan norma-norma yang ada, selain itu perbuatan yang menyebabkan hilangnya nama baik seseorang adalah karena perbuatan yang mereka lakukan itu tidak sesuai dengan akhlak baik.

H.     PEMBALASAN
Pengertian Pembalasan
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang.

Penyebab Pembalasan

Hal- hal yang menyebabkan pembalasan yaitu :
- Orang itu tidak terima karena diperlakukan dengan semena-mena
- Dendam
- Karena hasutan teman atau siapapun yang mendukungnya untuk melakukan pembalasan yang dimana ada kemungkinan orang yang menghasut tersebut juga memiliki rasa dendam kepada orang yang dituju.
 
Contoh Pembalasan
Dalam suatu pekerjaan adanya rasa saling kecemburuan antar karyawan yang dimana hal itu secara tidak langsung mengambil objek yang di kerjakan, maka dari semua itu akan timbul di dalam dirinya yang hanya mementingkan objek itu sendiri, artinya suatu pembalasan terjadi karena adanya seorang yang memulai secara curang/licik, maka pihak yang bersangkutan akan memulai pembalasannya dari apa yang sudah di ambil.


SUMBER:

Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Kelebihan: -           Strategi promosi produk unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima di model dalam iklan tersebut. -           Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (Top Brand Survey, edisi khusus 2007). -           Unilever mempunyai moto "Operational excellence with no compromise on quality". Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk. -           Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia. -           Memiliki tim yang terdiri dar

BENTUK ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

BENTUK ORGANISASI Tipe struktur organisasi diatas adalah bentuk struktur organisasi Fungsional, hal itu diperlihatkan dari bagan yang dibagi berdasar spesifik kerja sesuai fungsi tertentu, misal Director Ice Cream yang berfungsi utuk melakukan kegiatan produksi maupun komersialisasi yang berhubungan dengan Es krim dan membawahi pekerja di lingkup perusahaan Ws krim Unilever. Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas berdasarkan fungsional per bagian fungsi tertentu, berikut adalah perinciannya: -           Director Food adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever. -           Director Ice Cream adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever. -           Home dan personal care adalah bagian yang mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian. -           Supply chain adalah bagian untuk mengatasi permasalahan bahan baku.

STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

DIREKSI Direksi adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Unilever Indonesia. Hemant Bakshi Presiden Direktur Warga Negara India Tevilyan Yudhistira Rusli Direktur Warga Negara Indonesia Hadrianus Setiawan Direktur Warga Negara Indonesia Ramakrishnan Raghuraman Direktur Warga Negara India Debora Herawati Sadrach Direktur Warga Negara Indonesia Ainul Yaqin Direktur Warga Negara Indonesia Enny Hartati Sampurno Direktur Warga Negara Indonesia Sancoyo Antarikso Direktur dan Sekretaris Peeusahaan Warga Negara Indonesia Annemarieke de Haan Direktur Warga Negara Belanda DEWAN KOMISARIS Dewan Komisaris adalah sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur Perseroan terbatas (PT). Mahendra Siregar Calon Komisaris Independen. Warga Negara Indonesia. Maurits Daniel Rudolf La