Skip to main content

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT. UNILEVER INDONESIA, TBK



Kelebihan:
-          Strategi promosi produk unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima di model dalam iklan tersebut.
-          Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (Top Brand Survey, edisi khusus 2007).
-          Unilever mempunyai moto "Operational excellence with no compromise on quality". Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk.
-          Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia.
-          Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang berdedikasi, terampil, dan termotivasi di segenap jajaran.
-          Adanya kenaikan pangsa pasar untuk kategori-kategori penting seperti face care, savoury, dan ice cream.
-          Perencanaan yang baik dan kerja sama yang erat dengan para pemasok, konsumen, dan distributor untuk menghantar produk-produk dari pabrik ke tempat-tempat penjualan.
-          PT Unilever Indonesia tbk sudah memiliki jaringan distribusi sendiri sehingga distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani.

Kekurangan
-          Struktur matriks yang dimiliki PT Unilever mempunyai beberapa tantangan yang harus dihadap perusahaan yaitu pertama, sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal sendiri. Kedua, komunikasi pada karyawan yang bisa menerima pesan-pesan yang berbeda-beda. Ketiga, resolusi konflik antar insiatif dari dukungan departemen (SDM, keuangan, dan lain-lain) dengan departemen lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial.
-          Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu.
-          Jumlah karyawan yang tambun.
-          Birokrasi yang panjang karena kebijakan sentralisasi yang menyebabkan unilever Indonesia tidak bisa begitu saja memutuskan sesuatu.
-          Lambatnya konsolidasi intern dalam pengambilan keputusan.
-          Ketidakjelasan sertifikat halal untuk produk-produk tertentu.
-          Mayoritas produk unilever memiliki entry barrier rendah.
-          Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industri.

SUMBER:


Comments

Popular posts from this blog

BENTUK ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

BENTUK ORGANISASI Tipe struktur organisasi diatas adalah bentuk struktur organisasi Fungsional, hal itu diperlihatkan dari bagan yang dibagi berdasar spesifik kerja sesuai fungsi tertentu, misal Director Ice Cream yang berfungsi utuk melakukan kegiatan produksi maupun komersialisasi yang berhubungan dengan Es krim dan membawahi pekerja di lingkup perusahaan Ws krim Unilever. Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas berdasarkan fungsional per bagian fungsi tertentu, berikut adalah perinciannya: -           Director Food adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever. -           Director Ice Cream adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever. -           Home dan personal care adalah bagian yang mengurusi semua yang ada di dalam pe...

Tugas 3 Softskill Animasi - Stroyboard Iklan Layanan Masyarakat

STORYBOARD IKLAN LAYANAN MASYARAKAT Pengertian Storyboard Storyboard merupakan konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.   Storyboard “Cara Hidup Sehat” Pada tugas Pengantar Animasi dan Desain Grafis ini kami ditugaskan untuk membuat sketsa/gambar atau biasa dikenal dengan storyboard dengan tema iklan layanan masyarakat. Tema yang ingin kami sampaikan melalui storyboard dalam iklan layanan masyarakat adalah “Cara Hidup Sehat”. Iklan ini ditujukan untuk seluruh masyarakat dari anak-anak hingga dewasa agar dapat menerapkan cara hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah gambaran storyboard iklan layanan masyarakat “Cara Hidup Sehat” Penjelasan St...