Nestle menerapkan strategi manajemen kontrol
sistem yang terdesentralisasi, dengan mendelegasikan otoritas pengambilan
keputusan di masing-masing unit bisnis sehingga keputusan-keputusan yang
diambil sesuai dengan kondisi di masing-masing negara. Untuk mengkoordinasikan
seluruh unit bisnisnya di seluruh dunia maka dibutuhkan peranan sistem
teknologi informasi yang bisa mengkoordinasikan seluruh aktivitas bisnis agar
diperoleh competitive advantage.
Memilih atau membangun strategi yang tepat
bagi perusahaan pada suatu periode waktu menjadi kata kunci yang harus
dilakukan oleh manajer Nestle. Strategi perusahaan disesuaikan dengan ukuran
dan karakter perusahaan. Perusahaan seperti Nestle yang telah melakukan diversifikasi
bisnis, pada umumnya memiliki dua tingkatan strategi:
a.
Strategi unit bisnis (competitive strategy) yang
menitik-beratkan pada upaya membangun keunggulan di setiap bidang usaha yang
digeluti.
b.
Strategi korporasi yang menentukan berbagai
bisnis yang akan diusahakan termasuk pengelolaan keseluruhan portofolio bisnis
perusahaan tersebut.
SUMBER:
Comments
Post a Comment