Skip to main content

KONSEPSI IBD DALAM KESUSASTRAAN



Pendekatan Kesusastraan
Ilmu Budaya Dasar pada kali ini berkaitan dengan budaya yang ada dalam keseharian dan budaya bangsa. Ada istilah Humanities yang berasal dari bahasa latin yaitu, manusiawi, berbudaya, dan halus. Humanities berkaitan dengan cabang-cabang ilmu lainnya seperti filsafat, teknologi, seni, dan cabang-cabangnya termasuk sastra, sejarah, cerita rakyat, dsb. Dari semua itu intinya adalah mempelajari masalah manusia dan kebudayaan.

Sastra adalah sebuah karya yang diawali dengan kejujuran, diisi dengan kesungguhan hati dan diakhiri dengan kerelaan. Sastra juga dapat didefinisikan sebagai cinta pada ciptaan Tuhan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, masing-masing individu memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari kebebasan berekspresi seseorang dalam menyampaikan kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin.



Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normatif, seni lebih mudah berkomunikasi. Karena tidak normatif, nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya.

Sastra juga lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sastra juga di dukung oleh cerita, dengan cerita orang lebih mudah tertarik, sehingga orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif.

IBD yang Dihubungkan dengan Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang memiliki banyak variasi ritme (rhythm) , serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa itu sendiri berasal dari bahasa Latin “prosa” yang artinya “terus terang”. Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide sehingga dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya. Prosa dibagi dalam dua jenis, yaitu prosa lama dan prosa baru, prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat, dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.

-          Contoh Prosa Lama :
1. Dongeng-dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epos
5. Cerita pelipur lara

-          Contoh Prosa Baru :
1. Cerita pendek
2. Roman/ novel
3. Biografi
4. Kisah
5. Otobiografi

Nilai-Nilai dalam Prosa Fiksi
Sebagai seni yang bertulang punggung cerita, karya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak langsung membawakan nilai-nilai moral, pesan atau cerita untuk diperoleh pembaca. Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca antara lain:
Prosa fiksi memberikan kesenangan
Pembaca dapat mengembangkan imajinasinya untuk mendapatkan pengalaman dengan mengandaikan dirinya mengalami peristiwa yang dikisahkan atau untuk mengenal daerah atau tempat yang asing, yang belum dikunjunginya atau yang tak mungkin dikunjungi selama hidupnya. Pembaca juga dapat mengenal tokoh-tokoh yang aneh atau asing tingkah lakunya atau mungkin rumit perjalanan hidupnya untuk mencapai sukses.

Prosa fiksi memberikan informasi
Fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat di dalam ensiklopedi. Dari sastra fiksi, kita mungkin mendapatkan informasi di luar perhatian atau wawasan kita atau dengan kata lain berbeda dari yang ada dalam fakta karena fiksi sifatnya mendramatisir.

Prosa fiksi memberikan warisan kultural
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.

Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan secara objektif. Fiksi juga memungkinkan labih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.

IBD yang Dihubungkan dengan Puisi
Puisi termasuk seni sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian, dan kesenian cabang unsur dari kebudayaan. Puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia, alam, Tuhan melalui media bahasa yang artistik/estetik, yang secara padu dan utuh di padatkan kata-katanya.
Kepuitisan, keartistikan atau keestetikaan bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan figura bahasa, kata-kata yang ambiquitas, kata-kata yang berjiwa, kata-kata yang konotatif, dan pengulangan untuk mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan.

Adapun alasan-alasan yang mendasari penyajian yang mendasari penyajian puisi pada ilmu budaya dasar adalah :
-          Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia.
-          Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual.
-          Puisi dan keinsyafan sosial.

Macam-macam puisi dibedakan berdasarkan zaman:
1.      Puisi baru : Puisi yang muncul karena pengaruh sastra barat yang lebih bebas dalam penggunaan rima, pilihan kata, serta irama.
2.      Puisi Lama : Puisi yang mengikuti ketentuan umum pada puisi seperti, rima, irama, dan baris.
3.      Puisi Modern : Puisi bebas yang muncul pada tahun awal kemerdekaan yang dipelopori oleh Chairil Anwar. Puisi ini lebih mengutamakan isi dan makna dari puisi tersebut.




Soal:
1.      Suatu jenis tulisan yang memiliki banyak variasi ritme (rhythm) , serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya disebut…
A.      Puisi
B.      Novel
C.      Prosa*
D.     Lagu
2.      Epos adalah salah satu contoh dari…
A.      Prosa baru
B.      Puisi lama
C.      Prosa lama*
D.     Prosa modern
3.      Prosa fiksi dapat memberikan kita dalam menilai sesuatu secara objektif karena dalam prosa fiksi terdapat nilai yang memberikan…
A.      Keseimbangan wawasan*
B.      Keluasan pikiran
C.      Informasi
D.     Warisan kultural
4.      Berikut adalah contoh dari prosa baru, kecuali…
A.      Novel
B.      Biografi
C.      Dongeng*
D.     Otobiografi
5.      Puisi yang mengikuti ketentuan umum pada puisi seperti, rima, irama, dan baris disebut puisi…
A.      Baru
B.      Modern
C.      Bebas
D.     Lama*



SUMBER:


Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Kelebihan: -           Strategi promosi produk unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima di model dalam iklan tersebut. -           Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (Top Brand Survey, edisi khusus 2007). -           Unilever mempunyai moto "Operational excellence with no compromise on quality". Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk. -           Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia. -           Memiliki tim yang terdiri dar

BENTUK ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

BENTUK ORGANISASI Tipe struktur organisasi diatas adalah bentuk struktur organisasi Fungsional, hal itu diperlihatkan dari bagan yang dibagi berdasar spesifik kerja sesuai fungsi tertentu, misal Director Ice Cream yang berfungsi utuk melakukan kegiatan produksi maupun komersialisasi yang berhubungan dengan Es krim dan membawahi pekerja di lingkup perusahaan Ws krim Unilever. Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas berdasarkan fungsional per bagian fungsi tertentu, berikut adalah perinciannya: -           Director Food adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever. -           Director Ice Cream adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever. -           Home dan personal care adalah bagian yang mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian. -           Supply chain adalah bagian untuk mengatasi permasalahan bahan baku.

STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

DIREKSI Direksi adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Unilever Indonesia. Hemant Bakshi Presiden Direktur Warga Negara India Tevilyan Yudhistira Rusli Direktur Warga Negara Indonesia Hadrianus Setiawan Direktur Warga Negara Indonesia Ramakrishnan Raghuraman Direktur Warga Negara India Debora Herawati Sadrach Direktur Warga Negara Indonesia Ainul Yaqin Direktur Warga Negara Indonesia Enny Hartati Sampurno Direktur Warga Negara Indonesia Sancoyo Antarikso Direktur dan Sekretaris Peeusahaan Warga Negara Indonesia Annemarieke de Haan Direktur Warga Negara Belanda DEWAN KOMISARIS Dewan Komisaris adalah sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur Perseroan terbatas (PT). Mahendra Siregar Calon Komisaris Independen. Warga Negara Indonesia. Maurits Daniel Rudolf La