Skip to main content

ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM



Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar manusia untuk menyelidiki, menemukan, dan memahami dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
Ilmu bukan sekadar pengetahuan, tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan diakui dalam bidang ilmu tertentu.
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok manusia, dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Budaya juga dapat diartikan sebagai suatu pola hidup menyeluruh yang terbentuk dari banyak unsur kehidupan, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.
Dengan demikian, Ilmu Budaya Dasar adalah sekumpulan pengetahuan dan teori-teori yang mengkaji tentang masalah-masalah yang ada dalam pola hidup atau cara hidup sekelompok manusia berdasarkan unsur-unsur kehidupan yang ada, seperti norma-norma, sikap dan adat, serta sistem-sistem yang berlaku dan diakui oleh kelompok setempat.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar
1.      Memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
2.      Membuka kepekaan terhadap lingkungan budaya supaya lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
3.      Memperluas pandangan seseorang tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
4.      Memperlancar cara berkomunikasi seseorang agar baik dan santun serta diterima di masyarakat yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda.
5.      Menghilangkan sikap masa bodoh atau acuh untuk memberikan tanggapan dan penilaian terhadap apa saja yang terjadi atas dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya.
6.      Memberikan kemampuan terhadap seseorang untuk bisa melihat masalah kehidupan bermasyarakat secara objektif dan membantu untuk memberi solusi dan jalan keluar yang tepat.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Ada dua masalah pokok yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar, yaitu:
  • Aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang )berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
  • Hakekat manusia yang satu (universal), namun banyak perbedaan- perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkungan alam, dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi seperti: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.
Dari kedua masalah pokok yang dapat dikaji, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.
Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :
  • Manusia dengan cinta kasih
  • Manusia dan keindahan
  • Manusia dan penderitaan
  • Manusia dan keadilan
  • Manusia dan pandangan hidup
  • Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
  • Manusia dan kegelisahan
  • Manusia dan harapan



Contoh Soal:
1.      Suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok manusia, dan diwariskan dari generasi ke generasi disebut…
A.      Budaya*
B.      Ilmu
C.      Pengetahuan
D.     Ilmu Budaya Dasar
2.      Di bawah ini adalah unsur kehidupan yang membentuk sebuah budaya, kecuali…
A.      Cara berpakaian dan peralatan yang digunakan
B.      Pendidikan*
C.      Sistem agama dan politik
D.     Cara bersosialisasi dan berkomunikasi
3.      Membuka kepekaan terhadap lingkungan budaya supaya lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru merupakan salah satu dari…
A.      Tujuan Ilmu Budaya Dasar*
B.      Fungsi Ilmu Budaya Dasar
C.      Pengertian budaya
D.     Pengertian Ilmu Budaya Dasar
4.      Masalah pokok yang menjadi bahan untuk menentukan ruang lingkup IBD terdiri dari….masalah.
A.      1
B.      2*
C.      3
D.     4
5.      Dari kedua masalah pokok yang dikaji, dikembangkan lagi menjadi beberapa masalah-masalah yang salah satunya adalah masalah…
A.      Manusia dengan hewan
B.      Manusia dan alam
C.      Manusia dan hukum
D.     Manusia dengan cinta kasih*



SUMBER:


Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Kelebihan: -           Strategi promosi produk unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima di model dalam iklan tersebut. -           Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (Top Brand Survey, edisi khusus 2007). -           Unilever mempunyai moto "Operational excellence with no compromise on quality". Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk. -           Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia. -           Memiliki tim yang terdiri dar

BENTUK ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

BENTUK ORGANISASI Tipe struktur organisasi diatas adalah bentuk struktur organisasi Fungsional, hal itu diperlihatkan dari bagan yang dibagi berdasar spesifik kerja sesuai fungsi tertentu, misal Director Ice Cream yang berfungsi utuk melakukan kegiatan produksi maupun komersialisasi yang berhubungan dengan Es krim dan membawahi pekerja di lingkup perusahaan Ws krim Unilever. Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas berdasarkan fungsional per bagian fungsi tertentu, berikut adalah perinciannya: -           Director Food adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever. -           Director Ice Cream adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever. -           Home dan personal care adalah bagian yang mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian. -           Supply chain adalah bagian untuk mengatasi permasalahan bahan baku.

STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

DIREKSI Direksi adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Unilever Indonesia. Hemant Bakshi Presiden Direktur Warga Negara India Tevilyan Yudhistira Rusli Direktur Warga Negara Indonesia Hadrianus Setiawan Direktur Warga Negara Indonesia Ramakrishnan Raghuraman Direktur Warga Negara India Debora Herawati Sadrach Direktur Warga Negara Indonesia Ainul Yaqin Direktur Warga Negara Indonesia Enny Hartati Sampurno Direktur Warga Negara Indonesia Sancoyo Antarikso Direktur dan Sekretaris Peeusahaan Warga Negara Indonesia Annemarieke de Haan Direktur Warga Negara Belanda DEWAN KOMISARIS Dewan Komisaris adalah sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur Perseroan terbatas (PT). Mahendra Siregar Calon Komisaris Independen. Warga Negara Indonesia. Maurits Daniel Rudolf La