PENDAHULUAN DAN RUANG
LINGKUP
Pada saat layanan yang baru maupun yang telah diperbaharui
dikembangkan, kita perlu memilikinya di dalam lingkungan hidup, menjalankannya,
dan memberinya dukungan di saat keadaan terpuruk. Kebanyakan orang berpikir
untuk merilis software versi baru, tapi konsep yang diterapkan ke perangkat
keras dan komponen lainnya, seperti dokumentasi, itu sama saja. Tentunya,
upgrade yang utama atau layanan yang baru akan sering melibatkan kombinasi
semua elemen.
Manajemen rilis dan penyebaran berhubungan dengan membuat
banyak tahapan dan proses pengawasan, termasuk mendukung periode kehidupan yang
lebih awal untuk memastikan semuanya bekerja sebagaimana semestinya dan dapat
digunakan oleh para pebisnis.
Proes perilisan dan penyebaran yang efektif memerlukan
interaksi yang dekat antara pengembangan dan pengerjaan.
MAKSUD DAN TUJUAN
Harus ada rencana yang pasti yang memungkinkan pebisnis
untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan dalam rencana tersebut dengan dirinya dan
setiap orang harus dipuaskan dengan mekanisme yang digunakan. Manajemen rilis
dan penyebaran ini bertujuan untuk membangun, menguji, dan mengantarkan layanan
yang baru maupun yang telah diperbaharui ke dalam lingkungan produksi dengan
skala waktu yang diharuskan dan dengan gangguan minimal terhadap layanan yang
ada.
Maksudnya adalah untuk memastikan bahwa kekonsistenan dan
keseluruhan paket yang dirilis disebarkan sejalan dengan kebijakan dan rencana
yang telah disepakati dengan para pelanggan dan yang berkepentingan, sehingga
ini bisa terjadi di bawah pengawasan yang penuh dan efektif. Apapun yang
terkait dengan bisnis dan perubahan proses dalam bisnis, termasuk pelatihan dan
pemberian keterampilan, harus diatur agar berlangsung dalam skala waktu yang
disesuaikan dengan jadwal perilisan.
Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa ada rencana jelas
yang konsisten yang setiap orang bisa pahami dan ikuti, bahwa perilisan diatur
secara efisien dan efektif melalui penyebaran dan penggunaan sehingga layanan
baru dan sistem pendukung dapat dioperasikan dengan sukses dan menghasilkan
persyaratan layanan yang telah disetujui (utilitas dan garansi).
Ruang lingkup manajemen rilis dan penyebaran mencakup proses-proses,
sistem, dan fungsi yang diperlukan untuk mengemas, membangun, menguji, dan
menyebarkan perilisan ke dalam produksi yang disesuaikan dengan paket layanan
desain (Service Design Package / SDP). Hal ini termasuk serah terima ke tahap
siklus hidup layanan operasi.
Manajemen rilis dan penyebaran yang efektif menambah
nilainya dengan memastikan bahwa para pelanggan dan para pengguna dapat memakai
layanan yang baru atau yang telah diperbaharui dengan cara yang dapat mendukung
bisnisnya, dan dengan memberikan perubahan yang lebih cepat dengan biaya yang
optimal dan resiko yang minimal. Perilisan dan penyebaran yang terencana dan
diimplementasikan dengan baik dapat membuat perubahan yang signifikan terhadap
biaya layanan organisasi dengan meminimalisirkan troubleshooting dan pengerjaan
ulang.
KONSEP DASAR
Dua aspek utama dari proses ini adalah Release (rilis) dan
Deployment (penyebaran).
Release
Rilis adalah satu atau lebih perubahan terhadap layanan IT
yang dibangun, diuji, dan disebarkan secara bersamaan. Sebuah perilisan tunggal
bisa meliputi perubahan terhadap hardware, software, dokumentasi, proses-proses
dan komponen lainnya.
Deployment
Penyebaran adalah aktivitas yang bertanggungjawab dalam
pergerakan hardware, software, dokumentasi, dan proses yang baru atau yang
telah diperbaharui ke dalam lingkungan hidup.
Konsep utamanya adalah unit rilis (yaitu komponen-komponen
layanan yang biasanya dirilis bersamaan). Sebuah unit rilis khususnya meliputi komponen
yang memadai untuk menjalankan fungsi yang berguna. Misalnya, satu unit rilis
mungkin sebuah desktop PC, termasuk hardware, software, lisensi-lisensi, dokumentasi
dll. Kemungkinan terdapat unit yang distandarisasi untuk peran atau departemen
yang berbeda, atau desktop tersebut mungkin disesuaikan untuk setiap perekrutan
baru (dimana tiap instansi adalah unit rilis yang terpisah). Unit rilis lainnya
mungkin sebuah aplikasi lengkap, termasuk prosedur operasi IT dan pelatihan
pengguna.
Ada kemungkinan bahwa sebuah rilis terdiri dari lebih dari
satu unit rilis. Sebuah paket rilis adalah satu atau lebih unit rilis yang
diperlukan untuk menerapkan layanan yang baru atau yang telah diperbaharui.
AKTIVITAS, METODE,
DAN TEKNIK
Gambar 23.1 menunjukkan empat langkah atau tahap dasar dalam
manajem rilis dan penyebaran.
Gambar 23.1
·
- Release and deployment planning: Dimulai saat manajemen perubahan mensahkan perencaan rilis.
- Release build and test: Sebuah paket rilis dibangun dan diuji dan kemudian dipindahkan ke media penyimpanan definitif (DML) untuk kesiapan penyebaran ke lingkungan hidup.
- Deployment: Paket rilis disebarkan dari DML ke lingkungan hidup
- Review and close: Apakah performa rilis seperti yang diharapkan dan memenuhi persyaratan yang dinanti?
CHALLENGES (Tantangan)
Tantangan yang akan dihadapi sebuah organisasi ketika
menetapkan kebijakan yang tepat dan menerapkan rilis dan penyebaran yang
efektif meliputi:
- Membangun standar ukuran kinerja untuk semua transisi;
- Berurusan dengan proyek atau tanggal pengiriman pemasok yang tidak akurat;
- Memahami semua perspektif dari stakeholders;
- Memahami semua resiko;
- Mengambil pendekatan yang pragmatis terhadap tantangan dalam pengiriman.
HUBUNGAN DENGAN PROSES MANAJEMEN LAYANAN LAINNYA
Interface utamanya meliputi:
Change management
Semua rilis dijalankan oleh sebuah RFC yang sudah disahkan.
Service asset and
configuration management
Menyediakan input untuk komponen-komponen selama pembangunan
dan memperbarui selama berbagai tahapan dari rilis dan penyebaran.
Incident management
Khususnya dalam mendukung kehidupan awal ketika perhatian ekstra
dan sumber daya mungkin diperlukan.
IT service continuity
management
Rencana yang berkelanjutan harus diperbarui untuk
mencerminkan layanan yang baru atau yang telah diperbaharui.
Capacity management
Sumber daya baru mungkin diperlukan atau muatan pada yang
sudah ada itu diganti.
Service design
coordination
Rilis dan penyebaran berkontribusi terhadap penciptaan paket
layanan desain dan pada akhirnya menggunakan ini sebagai kunci input untuk
kegiatan rilis dan penyebaran.
Transition planning
and support
Menyediakan kerangka kerja dan konteks kerja rilis dan
penyebaran.
METRICS
Berikut ini adalah beberapa ukuran untuk menilai keefektifan
sebuah solusi:
- Varians dalam kinerja layanan terhadap yang dibutuhkan oleh pelanggan (harus minimal dan mengalami penurunan).
- Angka insiden yang dicatat terhadap layanan (harus rendah dan mengalami penurunan).
- Peningkatan kepuasan pelanggan dan pengguna dengan layanan yang diberikan.
- Berkurangnya ketidakpuasan pelanggan yang disebabkan oleh buruknya pengujian dan layanan yang disebarkan.
- Berkurangnya insiden dan masalah dalam penyebaran dan produksi.
- Berkurangnya ketidakcocokan antara data yang terdaftar pada CMS dengan kenyataan yang ada.
ROLES (Peran)
Tanggung jawab manajer pengemasan rilis dan desain meliputi:
- Menyusun konfigurasi akhir dari rilis dan membuat perilisan akhir.
- Menguji rilis dan mengumumkan kesalahan-kesalahan yang ada.
Tanggung jawab manajer penyebaran meliputi:
- Merencanakan, menjadwalkan, dan mengawasi pergerakan rilis untuk pengujian dalam lingkungan hidup.
- Memastikan bahwa integritas dalam lingkungan hidup dijaga dan bahwa komponen-komponen yang tepat telah dirilis.
SUMBER:
http://dia_ragasari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4717 /Buku+-+ITServiceManagement.pdf
Comments
Post a Comment