Skip to main content

MANUSIA DAN PENDERITAAN




Pengertian Penderitaan
Penderitaan adalah menanggung atau menjalani sesuatu keadaan yang sangat tidak menyenangkan oleh seseorang individu. Penderitaan juga termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Penderitaan bisa berbentuk fisikal atau mental.
Contoh penderitaan yang sering dijumpai yaitu kemiskinan.  Masalah kemiskinan sering kali kita lihat, terutama di negeri ini penderitaan yang sampai saat ini belum bisa diatasi dan mungkin belum ditemukan akar permasalahannya yaitu adalah kemiskinan yang sering membedakan kesenjangan sosial setiap orang.

Pengertian Siksaan dan 3 Siksaan Psikis
Siksaan atau penyiksaan merujuk pada tindakan penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban yang dengan sengaja dilakukan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik.
Siksaan yang bersifat psikis, antara lain:
1.       Kebimbangan yang dialami oleh seseorang bila ia pada saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan dipilih.
2.       Kesepian yang dialami seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walaupun ia dalam lingkungan orang ramai.
3.       Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. Rasa takut yang dimiliki membuat jiwa seseorang merasa tertekan atau bahkan terancam.
 
Pengertian Phobia dan Penyebab Seseorang Merasa Ketakutan
Phobia merupakan suatu situasi dimana seseorang bertindak irasional dan mempunyai ketakutan yang besar akan sesuatu yang disebabkan oleh trauma di masa lalu. Rasa trauma tersebut membekas didalam kesadarannya. Karena katakutan yang sangat hebat, rasa trauma ditekan samapai pada wilayah ketidaksadaran.
Ketakutan disebabkan oleh timbulnya kesan mengerikan dan menakutkan dari sesuatu yang selalu terbayang-bayang ketika ia merasa takut. Ketakutan juga bisa timbul akibat trauma akan kejadian masa lalu yang tidak di inginkan terjadi.

Pengertian Kekalutan Mental dan Gejalanya
Kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya seseorang yang disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi permasalahan yang harus ia atasi sehingga ia merasa tidak berdaya. Saat mendapat kekalutan mental berarti seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan bahkan bsa menjadi tak waras lagi atau gila.
Gejala-gejala yang dialami seseorang yang memiliki kekalutan mental yaitu:
-          Sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung.
-          Selalu merasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah.
-          Selalu iri hati dan curiga, ada kalanya dihinggapi khayalan, dikejar-kejar sehingga dia menjadi sangat agresif, berusaha melakukan pengrusakan atau melakukan detruksi diri dan bunuh diri.
-          Komunikasi sosial putus dan ada yang disorientasi social.
-          Kepribadian yang lemah atau kurang percaya diri.
-          Terjadinya konflik social-budaya akibat dari adanya norma yang berbeda antara dirinya dengan lingkungan masyarakat.

Tahap-tahap Gangguan Kejiwaan
1.       Akan timbul gejala-gejala pada jasmani maupun rohani.
2.       Orang yang mengalami kekalutan mental akan lari dari permasalahan yang ia hadapi, bukan menyelesaikan masalah tersebut.
3.       Mental akan jatuh dan jiwanya akan mulai terganggu.

Sebab-sebab Kekalutan Mental
Kepribadian yang lemah
Akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna sering menyebabkan yang bersangkutan merasa rendah diri yang berangsur dan akan menyudutkan kedudukannya dan menghancurkan mentalnya.
Konflik sosial-budaya
akibat adanya norma yang berbeda antara yang bersangkutan dan yang ada dalam masyarakat, sehingga ia tidak dapat menyesuaikan diri lagi.
Cara pematangan batin
Memberikan reaksi berlebihan terhadap kehidupan social; overacting sebagai overkompensasi dan tampak emosional. Sebaliknya ada yang underacting sebagai rasa rendah diri yang lari ke alam fantasi.

Hubungan Antara Penderitaan dan Perjuangan
Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia, artinya sudah menjadi konsekuensi manusia hidup, bahwa manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagia, tetapi juga harus merasakan penderitaan.
Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya untuk meneruskan kelangsungan hidup. Caranya manusia tersebut harus berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alam lingkungan, masyarakat sekitar, dengan waspada dan disertai doa kepada Tuhan supaya bisa terhindar dari segala bahaya dan malapetaka.



SUMBER:



Comments

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Kelebihan: -           Strategi promosi produk unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima di model dalam iklan tersebut. -           Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (Top Brand Survey, edisi khusus 2007). -           Unilever mempunyai moto "Operational excellence with no compromise on quality". Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk. -           Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia. -           Memiliki tim yang terdiri dar

BENTUK ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

BENTUK ORGANISASI Tipe struktur organisasi diatas adalah bentuk struktur organisasi Fungsional, hal itu diperlihatkan dari bagan yang dibagi berdasar spesifik kerja sesuai fungsi tertentu, misal Director Ice Cream yang berfungsi utuk melakukan kegiatan produksi maupun komersialisasi yang berhubungan dengan Es krim dan membawahi pekerja di lingkup perusahaan Ws krim Unilever. Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas berdasarkan fungsional per bagian fungsi tertentu, berikut adalah perinciannya: -           Director Food adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever. -           Director Ice Cream adalah pengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever. -           Home dan personal care adalah bagian yang mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian. -           Supply chain adalah bagian untuk mengatasi permasalahan bahan baku.

STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

DIREKSI Direksi adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Unilever Indonesia. Hemant Bakshi Presiden Direktur Warga Negara India Tevilyan Yudhistira Rusli Direktur Warga Negara Indonesia Hadrianus Setiawan Direktur Warga Negara Indonesia Ramakrishnan Raghuraman Direktur Warga Negara India Debora Herawati Sadrach Direktur Warga Negara Indonesia Ainul Yaqin Direktur Warga Negara Indonesia Enny Hartati Sampurno Direktur Warga Negara Indonesia Sancoyo Antarikso Direktur dan Sekretaris Peeusahaan Warga Negara Indonesia Annemarieke de Haan Direktur Warga Negara Belanda DEWAN KOMISARIS Dewan Komisaris adalah sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur Perseroan terbatas (PT). Mahendra Siregar Calon Komisaris Independen. Warga Negara Indonesia. Maurits Daniel Rudolf La